Jumat, 18 Maret 2011

Gubernur : Mewujudkan Guru Madrasah Yang Profesional, Bermartabat, Dan Sejahtera


BANDUNG. Gubernur Provinsi Jawa Barat, H Ahmad Heryawan mengharapkan Persatuan Guru Madrasah (PGM) lebih berperan dalam meningkatkan citra Madrasah agar semakin diminati dan dicintai masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan oleh Gubernur saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Persatuan Guru Madrasah (PGM) Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat di Gedung BKM, Jalan Burangrang No. 15-17, Bandung, Kamis (20/1).

"Para guru madrasah dapat menjadi salah satu pilar pembangunan pendidikan di Jawa Barat yang mampu menjadi entry point bagi tercapainya masyarakat Jabar yang mandiri, dinamis, dan sejahtera," jelas Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur juga berharap melalui Rakor PGM Se- Jabar ini, menjadi momentum strategis dalam upaya konsolidasi internal serta wahana sharing pengalaman dan pengetahuan para guru madrasah sebagai upaya dalam mewujudkan guru madrasah yang profesional. bermartabat, dan sejahtera.

Kepala Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H Saeroji memberikan apresiasi dan perhargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran PGM yang telah menggagas kegiatan ini, dan berharap bukan hanya seremonial dan temu kangen semata, namun berdampak positif selain menambah wawasan, pengetahuan, sikap, dan keterampilan, juga sebagai wahana peningkatan mutu pendidikan madrasah.

"Pendidikan madrasah harus mampu menyeimbangkan tiga ranah pendidikan, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga aspek tersebut merupakan bagian yang saling berkaitan, karena itu guru madrasah diharapkan dapat mengembangkan kurikulum, dengan cara menyusun silabus dan RPP yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi madrasah masing-masing." ujar Kakanwil mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Ketua DPW PGM Drs.H. Ubaidillah Khoir,.M.PdI menjelaskan besarnya peranan guru madrasah dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan, terbukti dengan banyaknya tokoh dan pahlawan nasional yang berasal dari lingkungan madrasah. Tantangan saat ini adalah bagaimana meningkatkan eksistensi madrasah dan meningkatkan pencitraan madrasah di masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Panitia Rakor PGM Lalan Suherlan, S.Pd melaporkan tujuan kegiatan ini adalah : Merealisasikan amanat musyawarah kerja PGM Prov. Jabar; Menjalin silaturahmi dan koordinasi dengan para pengurus DPD PGM Se-Jabar; Merumuskan kebijakan dan program kerja pengurus PGM tahun 2011; Membuat arah kebijakan organisasi dalam upaya membangun provinsi Jabar melalui jalur pemberdayaan guru madrasah.

Rapat Koordinasi (Rakor) Persatuan Guru Madrasah (PGM) Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, , Kakanwil Kemanag Prov. Jabar, Ketua DPW PGM, Para Kasi Mapenda Kanwil Kemenag Prov. Jabar dan Kab/Kota Se-Jabar, Pengurus DPD/DPW PGM Se-Jabar, MK2MTs dan MK2MI.
REPORTASE : DEDEN DHARMAWAN

1 komentar:

  1. saya telah berkunjung k blog anda, silahkan kunjungi blog saya di, www.mi-irsyaduthalibin.co.cc

    BalasHapus