Kamis, 25 Desember 2008

21/12/2005 19:01 - Pendidikan Bangunan Sebuah Madrasah di Sukabumi Ambruk



Liputan6.com, Sukabumi: Akibat hujan deras, tiga kelas Madrasah Diniyah Hidayatul ambruk, baru-baru ini. Bangunan sekolah di Kampung Garung, Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Sukabumi, Jawa Barat itu memang dilaporkan sudah rapuh. Ironisnya pejabat setempat belum menaruh perhatian. Padahal lokasi sekolah itu hanya berjarak lima kilometer dari pusat pemerintahan Kota Sukabumi.

Ruangan kelas yang ambruk tersisa temboknya saja. Lantaran khawatir dua kelas lagi ikut roboh, pihak sekolah meliburkan kegiatan belajar-mengajar. Apalagi hujan deras terus mengguyur. Para siswa mengaku sedih tidak mempunyai ruangan kelas lagi. Namun, mereka tetap datang ke sekolah membantu membersihkan puing-puing. Pengelola Madrasah Diniyah Hidayatul Uman Sulaeman mengaku sedang mencari tempat baru buat anak didiknya belajar. "Mereka tidak boleh berhenti sekolah," kata Uman.

Hujan deras juga merobohkan sebagian bangunan di tujuh sekolah yang tersebar di Banyumas, Jawa Tengah, dalam dua pekan terakhir. Kondisi bangunan sebagian besar memang sudah lapuk. Salah satunya Sekolah Dasar Negeri Banjarpanepen di Desa Sampiuh. Dua kelas ambruk karena tiang penyangganya patah setelah berhari-hari diguyur hujan.

Pengurus SDN Banjarpanepen mengungkapkan, bangunan sekolah selama 23 tahun berdiri baru sekali direhabilitasi. Itu pun hanya pada bagian atap. Agar siswa tetap bisa sekolah, kegiatan belajar dipindah ke rumah warga. Mereka akhirnya menggunakan ruang tamu atau ruangan lain untuk belajar secara bergiliran.(KEN/Asep Didi dan Mardianto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar